Search
  • Bayu Herdiawan

Strategi Mudah Jualan Bisnis Apapun


Menurut data statistik, ada BANYAK orang yang belum punya bisnis dan memiliki niat berbisnis.

Menurut data statistik juga, ada BANYAK orang yang bisnisnya sudah bagus dan punya niat yang sangat besar untuk mengembangkannya.

Dan…

Menurut data statistik juga, BANYAK orang yang punya bisnis namun merasa kurang berkembang dan bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Lho, katanya data statistik, kenapa ga ada data angkanya? Kok cuman bilang BANYAK? Hehe. Silakan datanya Anda cari sendiri. Soalnya Saya yakin banyak banget orang yang berada dalam tiga kategori ini. Apakah Anda termasuk satu diantaranya?

  1. Pengen punya bisnis

  2. Sudah punya bisnis yang sedang naik

  3. Sudah punya bisnis yang sedang turun

Diantara ketiga kategori ini, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka bingung bagaimana langkah selanjutnya.

Pokoknya semua serba bingung, ngung, ngung…


Yang pengen punya bisnis, bingung bagaimana caranya bikin bisnis

Yang punya bisnis dan lagi naik, bingung memanfaatkan momentum

Yang punya bisnis dan lagi turun, bingung bagaimana memperbaikinya


Biasanya kalo lagi bingung, semua owner bisnis jadi ragu mengambil keputusan. Saya yakin semua orang pernah merasa ragu. itu manusiawi. Tapi kalo mental pebisnis, bingungnya jangan keseringan deh. Karena sebetulnya bisnis itu mudah.

Lho kata siapa bisnis itu mudah?


Tentunya bisnis itu mudah, mudahnya pake banget lagi. Asal tau caranya, dan tau cara ngerjainnya.


Iya deh iya.. Trus gimana caranya dan gimana ngerjainnya?


Saya mau tanya dulu,

Apa yang jadi ALASAN UTAMA Anda membeli sebuah produk? Apakah karena harganya cocok? Apakah karena strategi marketingnya? Atau apakah karena Anda kenal sama ownernya?

Alasan membeli produk tentunya itu macam-macam. Tapi satu alasan mendasar kenapa Anda membeli atau menggunakan barang maupun jasa adalah karena Anda butuh !


Ya jelas lah. Anda membeli produk tapi ga butuh, lalu buat apa? Nah, sebagai customer dengan adanya kebutuhan, maka Anda membeli produk tersebut sebagai solusi masalah Anda saat itu.


Misalnya:

Anda punya masalah, yaitu sedang lapar

Disaat yang sama lewatlah seorang tukang bakso. Anda pun segera membeli bakso karena itu adalah SOLUSI bagi MASALAH lapar Anda.


Si Abang bakso hanya perlu lewat sambil bawa gerobak di depan Anda yang sedang lapar. Tiba-tiba Anda beli bakso si Abang tanpa mikir panjang. Ga pake strategi marketing, ga pake iklan, ga perlu endorse. Baksonya laku deh.


Itulah strategi MUDAH untuk menjual produk.


Strategi Pertama:

Jadikan produk Anda sebagai solusi bagi masalah konsumen

Nah, mudah kan?

Baik.. itulah strategi pertama untuk mudah jualan.

Kalo saat ini Anda belum punya bisnis, maka pikirkan PRODUK yang menjadi SOLUSI MASALAH konsumen di sekitar Anda.

Kalo saat ini Anda sudah punya bisnis dan sedang naik, maka pikirkan PRODUK yang menjadi SOLUSI MASALAH konsumen lain yang lebih banyak dan lebih besar lagi agar bisnis bisa lebih berkembang.

Kalo saat ini Anda sudah punya bisnis dan lagi turun, mungkin produk Anda BELUM menjadi SOLUSI bagi calon konsumen di sekitar Anda.

Sampai disini paham ya…

Nah, langkah selanjutnya bisnis mudah Apa?


Strategi kedua Adalah:


Berikan pelayanan terbaik

Bayangkan Anda yang saat itu sedang lapar, tiba-tiba lewat tukang bakso, dari kejauhan Anda langsung teriak “Bang, beli baksoooooo!!!!!!!!!”. Abangnya noleh sambil cemberut, lalu menghampiri Anda sambil bilang, “Pak ga perlu teriak-teriak. Ga tau Saya lagi capek abis keliling belum ada yang beli dari tadi. Ambil sendiri aja deh baksonya. Saya mau duduk-duduk dulu!”


Gimana perasaaan Anda?


Padahal Anda saat itu sedang lapar dan pengen banget makan, muncul tukang bakso yang tampaknya lezat. Setelah dipanggil, eh dia malah cemberut sambil marah-marah. Imajinasi semangkok bakso panas yang nikmat tiba-tiba hilang seketika.


Nah….

Kalo saat ini Anda belum punya bisnis, maka pikirkan produk yang menjadi solusi masalah konsumen lalu pikirkan bagaimana MEMBERIKAN PELAYANAN yang terbaik. Mumpung belum punya bisnis.


Kalo saat ini Anda sudah punya bisnis dan sedang naik, salah satu cara mudah dan murah untuk meningkatkan pembelian konsumen adalah dengan cara MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN.


Kalo saat ini Anda sudah punya bisnis dan lagi turun, mungkin PELAYANAN anda belum PRIMA.


Gimana, ternyata berbisnis itu mudah bukan? Yang penting tahu caranya

Nah, setelah produk Anda menjadi SOLUSI dan mampu memberikan PELAYANAN PRIMA maka……


Maka dapat dipastikan konsumen akan tertarik membelinya. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat calon konsumen tau Anda berada dimana, tahu bagaimana cara membelinya, tahu kapan produk Anda mulai dijual dsb.


Maka yang perlu Anda lakukan untuk menyampaikan hal-hal penting tentang informasi bisnis Anda adalah dapat dilakukan dengan menggunakan


strategi ketiga, yaitu:

Melakukan PROMOSI yang MENDOMINASI

Promosi yang mendominasi adalah konsisten secara terus menerus melakukan upaya marketing yang efektif agar produk tetap diingat konsumen.

Oke saya paham kenapa bisnis harus promosi. Tapi kenapa harus promosi yang menDOMINASI?


Pemirsa, di dunia ini banyak banget produk yang berseliweran. Kalo promosi produk Anda tidak mendominasi. Maka produk Anda bakal dengan mudah dilupakan oleh konsumen.

“Promosi pasti mahal ya Kak? kan harus bayar iklan dan sebagainya”


Eits, tunggu dulu. Ga semua promosi berbayar lho. Promosi ga semuanya berbayar mahal. Ada yang gratis dan ada juga promosi yang murah.


Semua tergantung kreativitas aja. Banyak banget media promosi yang murah atau bahkan gratis. Asalkan tahu caranya. Mudah-mudahan nanti sempet kita bahas tentang ini di e-book selanjutnya.


Balik lagi ke kisah tukang Bakso. Bayangkan Anda yang saat itu sedang lapar, tiba-tiba terdengar suara tukang bakso. Baksoooo… Baksoooo… Sambil Abangnya mengetuk sendok ke piring bakso, terdengar suara Tingg tingg tinggg…. (Bukan nama artis yah, hehe).

Tapi Anda saat itu belum melihat tukang baksonya karena masih terhalang rumah tetangga.

Abangnya terus teriak Baksoooo… Baksoooo… berkali-kali sampai Anda melihatnya karena suaranya semakin jelas dan dekat. Barulah Anda ketemu dengan si Abang Bakso. Pas banget, laper, pelayanan ramah, ada tukang bakso di depan mata. Sluurrrrrppp akhirnya jadi deh beli Bakso


Bayangkan kalo misalnya Abang bakso ga berkali-kali teriak “Baksoooo… Baksoooo…“, Anda mungkin ga bakal bisa menemukan si Abang bakso karena masih agak jauh dan terhalang rumah tetangga.


Dalam hal ini, si Abang Bakso melakukan PROMOSI yang menDOMINASI, dengan cara teriak berkali-kali. Bisnis Anda pun seperti itu, buatlah promosi terbaik dan lakukan dengan konsisten. Maka produk Anda akan mudah dikenali dan diborong konsumen.


Itulah tiga strategi mudah jualan bisnis apapun. Baik Anda belum punya bisnis maupun sudah punya bisnis. Baik bisnis Anda sedang ramai maupun sedang lesu.

Saya recap ya, ketiga strategi tersebut yaitu:

  1. PRODUK yang menjadi SOLUSI masalah konsumen

  2. PELAYANAN yang PRIMA

  3. PROMOSI yang MENDOMINASI

Selamat mencoba yah!


Photo by Heidi Fin on Unsplash

©2020 by BIGPRO

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now